Hiking puncak bukit Munara

Hai, aku mau share pengalaman hiking ke Bukit Munara,16 Agustus aku dan teman-teman SMK mengadakan acara jalan bareng sekaligus reuni, dan tema kali ini adalah adventure, sebenernya kami pengen naik gunung berhubung satu dan banyak hal kami mengurungkan niat tersebut, karena kami cewek semua dan belum pernah naik gunung kami memutuskan untuk hiking saja deh, dan terpilihlah tujuan kita yaitu Munara.
Kami memilih hiking ke Munara karena jaraknya relatif terjangkau dan perjalanan naik ke puncak hanya 1-1,5 jam saja sehingga kami yakin bisa hiking hingga puncak.
Tibalah hari yang di tunggu-tunggu kami menetapkan meeting point di gaplek karena rata-rata kami tinggal di sekitar Ciputat dan Pamulang, pukul 6.30 kami berkumpul dan menunggu rombongan lain, kami berjumlah 11 orang. Sekitar pukul 7.30 kami memulai perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Jarak yang kami tempuh lumayan panjanglah karena jalanan kurang bagus jadi lumayan lelah, sekitar pukul 8. 30 kami tiba di lokasi Kawasan Bukit Munara, Bogor dan kami langsung menyiapkan perbekalan untuk naik ke puncak.
Karena kami cewek semua ketika naik ya lumayan banyak istirahat, karena jarang olah raga dan belum pernah hiking dengan trek seperti ini. Setelah banyak istirahat dan lumayan menguras tenaga sekitar pukul 10.00 kami sampai di puncak. Ternyata di atas banyak sekali rombongan yang berkemah dan mempersiapkan bendera Merah Putih untuk merayakan kemerdekaan keesoka harinya. Dari atas kami bisa melihat indahnya pemandangan Bogor dan sekitarnya, menurut aku sih yang paling seru bukan apa yang akan kami temukan di atas bukit, tapi adalah perjuangan menuju puncak tersebut, melelahkan namun kami nikmati saja. Di atas puncak kami berfoto-foto hingga puas kemudian menikmati bekal makan siang kita sambil bernostalgia masa-masa SMA 4 tahun yang lalu, maklum kami jarang bertemu sehingga moment seperti ini sangat seru dan membuat kami merasa seperti SMA lagi walaupun saat ini sudah ada yang berumah tangga, bekerja, kuliah, bahkan pengangguran yang baru lulus kuliah seperti aku.
Setelah kami puas menikmati indahya puncak Munara, kami memutuskan turun sekitar pukul 12.00, dan ternyata perjalanan turun lebih cepat hanya sekitar 1 jam saja, namun cuaca Bogor sangat panas menyengat sehingga kami kelelahan dan dehidrasi ketika sampai bawah. Setelah selesai istirahat kami memutuskan kembali sekitar pukul 13.30. Sebelum pulang kami memutuskan mampir ke kedai es krim yang cukup murah dan nyaman untuk nongkrong, sekalian numpang sholat. Dan pukul 15.00 kami pulang ke rumah masing-masing. Cukup lelah memang, namun aku sangat menyukai perjalanan ngebolang atau hiking yang low budget karena hemat namun sangat seru dan tidak terlupakanlah. Kaki pegel sih apalagi besoknya ikut jalan sehat 17 Agustusan. Merdeka !!

ini dia jepretan narsis kami :