Jalan-Jalan Kepulauan Seribu (Part 2)

Hi guys, udah lama ya saya ga maen-maen ke blog, kali ini mau sharing aja pengalaman jalan ke pulau seribu part 2, part 1 nya adalah postingan beberapa tahun lalu itu.

Kalau part 1 jalan-jalannya sama temen kuliah, part 2 ini jalan-jalan sama temen kantor dong, ada peningkatan ya secara status dari mahasiswa ke karyawan, tetapi status diri masih sama sih ‘single’ hehe (kok curhat?). Saya jalan-jalan sama temen satu divisi di kantor, sebagai perayaan kalau kita memenangkan predikat ‘best team’ 4 kali berturut-turut (maap kalo salah, agak lupa).
Sebenernya jalan-jalannya udah tahun 2016 lalu, namun karena kesibukan saya (cielah) dan alasan lain (laptop rusak) dan ga mungkin nulis blog di kantor, maka baru sempet saat ini. Kami ke pulau seribu pada tanggal 20-21 Agustus 2016 dan kami menginap di pulau Harapan.

suasana dermaga angke pagi hari
Perjalanan dimulai dari shubuh, pokoknya pas adzan shubuh udah sampe di dermaga Angke deh untuk menunggu kapal yang akan menyebrang ke pulau Harapan. Sebenernya kapal berangkat sekitar 07.00an an tetapi, saya sarankan bisa datang dari shubuh deh karena ga semua penumpang kapal akan dapet tempat duduk, apalagi kalo ramean ya better dateng lebih awal dan nyari posisi duduk paling oke buat menikmati perjalanan. Tetapi, sayangnya kita ga menikmati perjalanan selama di kapal karena apa ? sebelum berangkat semua minum antimo dan alhasil tidur selama naik kapal, baru bangun pas udah sampe deh. Perjalanan naik kapal sekitar 3 jam, lumayan lama dan kalau ga tidur lumayan bikin mabok laut sih.
Karena yang jalan-jalan orang sibuk (bukan backpaker pengangguran kaya part 1 ya), makanya kita udah beli paket wisata all in (penginapan, makan dan perjalanan). Jadi tinggal nurut ama guide nya aja, waktu tiba di sana kita langung ke penginapan yang terdiri dari 2 kamar besar, 1 ruang kumpul dan 2 kamar mandi. Kami langsung makan siang dan rapi-rapi kemudian siap-siap untuk aktivitas snorkling.

suasana di kapal kecil

numpang selfie

Kami menuju lokasi dengan kapal kecil dan sepanjang perjalanan ini disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa, air laut biru dan angin khas pulau, sungguh ga nyangka kalo ini masih Jakarta lho. Kami melakukan aktivitas snorkeling di pulau Macan dan pulau Gosong. Saya ga bisa renang dan sangat takut nyebur di tengah laut, tetapi karena penaasaran dan temen-temen juga mau bantuin akhirnya nyebur dan ternyata luar biasa pemandangan bawah laut sangat keren lho ngeliat terumbu karang dan ikan kecil warna-warni, saran kalo snorkeling bawa kue kering buat makan ikan, jadi pas ngeliat ke bawah laut sambil megang kue, pasti ikan-ikan kecil nyamperin trus makanin kue dari tangan kita, lucu banget ngeliat ikan warna-warni berebut kue.
banyak ikan kecil pada mabok

gajelas foto apaan

ga pandai bergaya saat snorkling jadi gini

cheers!!

Setelah capek snorkelingan kita naik kapal untuk menuju pulau Perak, dan setelah tiba kami kagum dengan pemanangannya, pasir putih dan air laut yang sangat jernih jadi berasa di Bali. Aktivitas yang kami lakukan tentu foto-foto, main pasir dan jajan karena banyak tukang makanan.

my trip my adventure!!

hmm ...

abaikan

Kegiatan selanjutnya adalah kembali ke penginapan, setelah mandi semua tepar dan malamnya kita barbeque an, sayang aktivitas ini kurang seru dan di luar ekspektasi. Kami kira bisa bakar ikan rame-rame gataunya ikannya udah dibakarin ama pemilik homestay, saya aja dibangunin cuma buat makan ikan dan akhirnya tidur lagi karena kelelahan.
Hallo guys :)

penangkaran penyu

anak penyu

Besok paginya kami melanjutkan aktivitas lainnya yaitu mengunjungi penangkaran penyu di pulau Harapan, cukup berjalan kaki dari homestay. Di sana kami melihat budidaya penyu dan foto-foto saja, lumayan seru dan nambah pengetahuan kok, tenatang penyu tentunya. Lanjut, kita jelajah pulau !! Destinasi tujuan (awalnya) adalah pulau Bira dan pulau Bulat, tetapi ternyata Cuma bisa pilih satu akhirnya kami pilih pulau Bulat deh yang sepi katanya jadi bisa puas main-main. Pemandangan pulau Bulat lumayan keren dan ada rumah bekas milik presiden Soeharto yang sudah tidak berpenghuni (serem), tetapi kami menikmati aktivitas foto dan selfie aja sih, beberapa juga menyelam di area dermaga pantai ini, setelah siang kami kembali ke homestay untuk bersiap kembali ke Jakarta dan menghadapi kenyataan hidup sebagai pekerja kantoran, sedih hiks

dermaga pulau Bulat

pasir putih

terdampar

dengan warga setempat

main bola di pantai

Singkat cerita kami sampai di dermaga angke sekitar abis ashar dan kemudian naik uber ke area kantor kami daerah slipi.
Sebenernya guys, banyak banget spot menarik lainnya yang bisa dikunjungi di kepulauan seribu ini, areanya ga begitu jauh dari Jakarta dan akses juga sangat mudah. Bisa banget lho jadi alternatif wisata atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, teman, pasangan atau siapa aja. Recommend banget deh !!
sunset isyarat harus pulang

See you guys on my next trip, semoga sharingnya berguna ya jika ada pertanyaan seputar perjalanan saya bisa komen di bawah

*abaikan tanggal pada foto karena itu salah settingan*