Malang Kuy



Hai, kali ini aku mau sharing informasi jalan-jalan ke Malang. Sebenernya udah lama sih ke sana, cuma baru ada energi untuk sharing saat ini. Singkat aja mungkin, aku  hanya ingin berbagi informasi tentang rekomendasi tempat wisata, tempat makan, hotel dan travel/ sewa mobil di sana.
Singkat cerita aku dan 2 teman berangkat berkat ada promo tiket murah Sriwijaya Air dari event Big Bang di bulan Desember 2017, lumayan ke Malang PP cuma IDR 450,000. Sepertinya event ini akan terus berlanjut, informasinya bisa cek di sini. Tapi untuk teman-teman yang berniat dapetin tiket ini wajib siapin fisik yg prima ya, karena antri bisa sampe 5-7 jam lho. Ini dia beberapa rekomendasi jalan-jalan Malang, check it out :

1. Ticket
Sudah di bahas sebelumnya untuk ticket cari promo dari event Big Bang, lumayan banget karena kalo harga normal Sriwijaya Air PP bisa sampe IDR 2,500,000 lho.

2. Akomodasi
Aku beli voucher hotel melalui Travelokaaku menginap di 2 hotel berbeda yaitu di Kota Batu dan Malang Kota. Untuk di Batu saya menginap di Amartha Hills Hotel and Resort. Menurutku hotel ini super reccomended, karena lokasinya di atas bukit dengan pemandangan yang luar biasa indahnya, udara dingin dan segar, fasilitas lengkap, kamar sangat nyaman dan pelayanannya yang sangat ramah. Untuk hotel kedua saya menginap di Malang Kota yaitu The Grand Palace Hotel Malang, untuk hotel ini standart aja sih menurut saya, sesuai harga lah.

3. Travel (Paket Tur/ Sewa  Mobil)
Aku dapet travel ini dari iseng search di Instagram, aku pilih karena review nya cukup positif. Dan memang ga nyesel sih namanya Lepas Suntuk bisa cari di IG @lepassuntuk atau web https://lepassuntuk.com/. Aku pake jasa Travel ini untuk one day private tour Pantai Malang Selatan dan ternyata pantainya, keren bangeet!! beneran ga nyesel juga guide nya lumayan sabar foto-fotoin kita sepanjang hari. Big Thanks buat Mas Jodi. Kalo ke Malang pastikan ke Pantai ya. karena pantai pasir putih dan air birunya, ditambah belum terlalu rame jadi pas banget buat kami yang mau puas foto-foto ataupun sekedar menenangkan pikiran. Yang kami kunjungi adalah pantai Sendiki, Watu Lepek dan Batu Bengkung. Tapi siap-siap perjalanan ke pantai ini lumayan jauh sekitar 3-4 jam dari kota dan mendaki gunung lewati lembah, jalanannya juga lumayan susah jadi butuh driver yang profesional ya teman-teman.

4. Destinasi
Selain pake paket tur di atas, aku dan teman-teman menggunakan transportasi online Grab/Go Car untuk menuju destinasi-destinasi yang lumayan dekat. Berikut rekomendasi dari aku : 

HTM Jatim Park Grup


a. Museum Angkut
Destinasi ini sangat mainstream ya, tapi menurut aku keren banget buat spot foto bagi yang hobby selfie. Area museum ini cukup luas dan terdiri dari beberapa area yang dikategorikan per negara, juga ada area-area unggulan seperti Gangster Town, Buckingham Palace, Runway 27, Pasar Apung dan Hulk Hollywood. Museum ini letaknya di Kota Batu ya, jadi dari hotel aku (Amartha) lumayan deket. Untuk HTMnya IDR 100,000 weekend dan IDR 70,000 weekday.

b. Jatim Park 3
Ga kalah menarik, destinasi ini juga sangat menarik untuk spot foto ataupun wisata edukasi. Sebenernya pengelola Jatim Park 1-3, BNS dan Museum Angkut adalah sama, orang asli Malang. Keren banget kan? 
Untuk Jatim Park harga tiket nya dibagi beberapa paket ya, jadi bisa pilih sesuai pilihan kamu. Atau bisa beli terusan untuk semua area, kalo sanggup kelilingnya, karena area nya luas sekali.

c. Agrowisata Petik Apel
Untuk petik apel, aku kemarin beli voucher di Traveloka di Kusuma Agrowisata, harganya IDR 91,000 sudah termasuk guide local, welcome drink dan makan apel dan beberapa buah (musiman) sepuasnya di tempat, untuk yang boleh dibawa pulang dibatasi ya.

d. Kampung Warna-Warni
Ini dia spot yang lagi hits, sebenernya kampung ini awalnya perkampungan biasa yang terkesan agak kumuh di tepi sungai Brantas, namun kini di sulap menjadi kampung yang unik.Untuk HTM tidak ada alias gratis, cuma biasanya suruh bayar IDR 2,000 dan ditukar dengan gantungan kunci lucu. 

e. Masjid Tiban Turen
Masjid ini memiliki arsitektur yang lumayan unik dan area yang sangat luas. Konon, ceritanya masjid ini adalah tiban, yaitu tidak tau siapa yang membangun tetapi tiba-tiba sudah ada. Tapi kenyataannya, masid ini dibangun oleh warga sekitar. Di Masjid ini juga bagus banget buat foto-foto, jangan lupa sekalian sholat yaa :) 

f. Wisata Pantai Malang Selatan
Untuk wisata pantai aku beli paket di Lepas Suntuk dengan harga IDR 1,060,000 (private trip) sudah termasuk driver+guide, snack, destinasi pantai (3 pantai). Untuk wisata pantai sangat disarankan beli paketan ya, karena perjalanannya lumayan jauh dan medan yang sulit. Kalo beli paket kan ga khawatir lagi karena driver nya sudah berpengalaman. Yang kami kunjungi adalah Pantai Sendiki dengan pasir putih dan air birunya yang sangat keren, untuk mencapai pantai ini perlu jalan kaki sekitar 30 menit ya dengan track nanjak dan turun tapi lelahnya terobati dengan view yang super amazing. Kemudian kami ke pantai Watu Lepek, Pantai ini viewnya keren banget tapi cuma bisa foto-foto karena di sekitar pantai itu batunya runcing sangat. Dari Watu Lepek kami jalan kaki melewati bukit ke Pantai Batu Bengkung untuk mengejar sunset.

g. Coban Rondo & Pujon
Air terjun ini lumayan terkenal di Malang dan dilengkapi dengan banyak atraksi wisata lain seperti bersepeda, berkuda, labirin, flying fox, atv dan lainnya. Air Terjunnya lumayan deras jadi hati-hati ya. Letaknya di Kecamatan Pujon, pemandangan ke sini lumayan keren dan hijau jadi seger banget. Sepulang dari Coban Rondo jangan lupa mampir ke Pujon Kidul, jadi ada restoran dengan sawah view, makan nya di tengah sawah dengan menu tradisional jawa gitu. Berasa pulang kampung lah makan di sini.

5. Tempat Makan
Di Malang adalah surganya kuliner, sepanjang jalan berbagai jenis tempat makan berjejer. Untuk yang lumayan terkenal jangan lupa cobain Bakso Bakar Palawan Trip, letaknya di kota Malang (jalan Palawan Trip) jadi menunya adalah bakso bakar yang disajikan sama semangkuk kuah, rasanya lezat dan suasanya makan di sana lumayan berkesan banget. Selain itu, aku sempet coba Warung Sate dan Gule Kambing Bang Saleh di dekat Grand Palace hotel, ternyata tempat ini juga lumayan populer banyak para artis/ pejabat negara berkunjung ke warung ini. Lokasinya di pinggir jalan dan lumayan kecil tapi rame banget dan masakannya ajib juga.

6. Oleh-Oleh
Jangan lupa beli oleh-oleh, di sepanjang kota Malang banyak berjejer pusat oleh-oleh jadi bisa mampir aja, atau bisa juga beli Strudel Malang nya Teuku Wisnu.

Overall Malang was amazing, cuma aku ada 1 pengalaman buruk ketika pengen banget naik Bus Malang City Tur, setahu aku dari warga setempat jika wisatawan diperbolehkan naik Bus itu secara cuma-cuma dengan menunjukkan KTP asli. Nah, ketika aku sudah menunggu 1 jam lebih bareng temen aku , Bus datang tapi kami tidak diperkenankan naik dengan alasan warga lokal bisa naik kalo weekend, nah padahal kami bukan warga lokal dan mbak-mbak co driver nya juga ga minta kami tunjukin KTP lalu beralasan Bus di charter anak-anak TK dan nyuruh kami tunggu aja. Anehnya, ada Bule yang baru dateng dan diperbolehkan naik. Kenapa begitu? padahal wisatawan itu adalah orang dari luar kota yang berkunjung untuk berwisata, baik dari dalam ataupun luar negeri intinya sama WISATAWAN. Agak kesel aja sama mbak ini, ga nolak dengan baik-baik, PHP dan judes banget, sangat disayangkan keramahan warga Malang sepanjang perjalanan aku jadi ternodai dengan judes nya mbak ini, semoga segera diperbaiki deh sistemnya, atau jika memang tidak dibuka untuk umum, mohon diinfokan di kantor informasinya.

Sampe ketemu di next posting :)

Gallery
Amartha Hills
Amartha Hills (standart room)
view from hotel room balcony
Swiming Pool at Amartha


Pujon Kidul


makan di sawah


sate kambing bang saleh

mirip Madam Tussaud yaa

Museum Music Indonesia



Watu Lepek Beach

Sendiki beach

Sunset di Batu Bengkung Beach


Gangster Town
Buckingham Palace


Kusuma Agrowisata

Kampung Tridi

Labirin



Coban Rondo


masjid Tiban Turen




Tips : 

- Pakai sandal gunung jika ke pantai ya, karena jalan kakinya lumayan
- Bawa sunblock jangan lupa, karena panas nya ampuun (di pantai)
- Cari tiket promo untuk menghemat budget
- Hitung budget perjalanan dengan sedetail mungkin untuk menghindari overbudget

See ya next adventure .. 

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus