Visa Korea Selatan 2023


Hallo, udah lama banget rasanya aku ga sharing di blog lagi. Kali ini aku mau bahas proses pengajuan visa ke Korea Selatan. Ini adalah kali kedua aku apply visa, sebelumnya visa Australia dan approved tetapi karena pandemi covid gak jadi berangkat, dan visa Korea Selatan ini adalah perjalanan ke luar negeri pertama aku after pandemi. 

Sebelum apply visa, kebetulan aku udah beli tiket PP karena dapet harga murah dari Korea Travel Fair di Traveloka lumayan dapet tiket Singapore Airlines PP sekitar 5juta-an, tapi please note bahwa tiket tidak termasuk syarat wajib pengajuan visa, hanya saja jika kita sudah provide tiket/ hotel biasanya akan mengurangi jumlah ketentuan syarat minimum keuangan di rekening koran. 

Aku beli tiket di sekitar bulan Oktober 2022 untuk perjalanan Maret 2023, kemudian aku apply visa di bulan Februari 2023, aku apply mandiri supaya lebih murah dan juga syaratnya gampang, alamat KVAC (Korea Visa Application Center) adalah di Lotte shoping avenue 5F–05A, Ciputra World I Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Karet Kuningan - Jakarta 12940 Indonesia.

Berikut list yang aku siapin buat apply visa : 

1. Formulir apply visa, bisa download di sini

2. Paspor dan fotokopi halaman identitas + halaman paspor yang ada cap visa

3. Pasfoto background putih ukuran 3.5 x 4.5 cm, 1 lembar

4. Dokumen pembuktian identitas, di sini aku lampirkan surat keterangan kerja dari kantor dan copy SPT tahun sebelumnya

5. Fotocopy Kartu Keluarga

6. Rekening koran 3 bulan terakhir yg di print di KCP Bank+Cap Basah (bukan via email) 

Untuk ketentuan lengkapnya bisa buka di halaman KVAC ya 


Banyak pertanyaan dari orang-orang adalah berapa minimum saldo mengendap di rekening koran? Aku pernah iseng nanya kalau pengajuan visa via travel agent dan informasi dari temanku yang bekerja di travel agent mensyaratkan 50jt+tiket pesawat dan voucher hotel, mahal ya? padahal aktualnya aku cuma siapin setengahnya+tiket pesawat tetapi alhamulillah approved.

Memang secara umum tidak ada jumlah yang disyaratkan secara tertulis. Namun, sepengalaman aku uang yang ada cukup untuk cover biaya hidup* selama di negara tujuan+penginapan+tiket penerbangan, nah jika kamu sudah ada tiket/ voucher hotel maka saldo mengendap kamu yang penting bisa buat biaya hidup selama di sana dan lebih baik lebihin seharga tiket pesawat untuk jaga-jaga, point selanjutnya adalah rekening aktif dan tidak ada transaksi mencurigakan misal ada uang masuk secara besar tanpa jelas darimana.

Ohya kebetulan ketika aku apply visa, paspor aku masih newbie dan tidak ada history apa-apa jadi saran aku bawa juga semua paspor lama dan copy semua halaman identitas+history visa. Setelah semua dokumen lengkap nanti cukup dateng ke KVAC di sana nanti bisa langsung ambil nomor antrian kemudian akan ada staff yang melakukan validasi dokumen, jika sudah lengkap maka kita akan diberikan materai pembayaran, untuk single Entry biayanya IDR 856,000 dan pembayaran hanya via cash ya. 

Setelah proses pembayaran selesai kita akan menerima kuitansi untuk pengambilan juga akan ada SMS untuk progress visa kita, kita bisa datang mengambil hanya jika sudah menerima SMS ya. Namun, kamu bisa memantau status aplikasi kamu melalui website juga. Visa aku approved kurang lebih seminggu dan pengambilan bisa diwakilkan dengan memberikan surat kuasa+invoice pembayaran.

Lega banget rasanya, nanti aku akan share juga ya cerita dan budget perjalanan ke Korea. 

See you! 

*untuk perhitungan biaya hidup di Korea aku hitung 1juta per hari (ini uang makan+transport), jadi misal kamu pergi 5hari bisa itung biaya hidup 5juta+harga tiket pesawat PP (in average)+biaya hotel+biaya tak terduga, ini aku taroh seharga tiket one way, biaya tak terduga ini untuk amit2 kalo dideportasi.

0 komentar