Jalan-jalan hemat Kepulauan Seribu

6 Juni 2012, liburan kali ini saya isi dengan backpacking ke kepulaun seribu bersama 9 teman saya. Tujuan utama kami adalah pulau pramuka, perjalanan ini kami putuskan dadakan dan tanpa persiapan sama sekali dengan budget 100.000an. Pada hari itu kita janjian jam 05.30, saya pun datang paling awal yaitu jam 05.20 di halte busway Lebak Bulus, Jakarta. Tapi, dasar manusia kolektivistik semua teman saya datang terlambat, dan akhirnya kita berangkat dari halte sekitar jam 06.30, cukup capek sih menunggu untungnya saya baca komik jadi lumayan lah ngilangin BT. Akhirnya kita sampai di Grogol sekitar jam 08.30 dan perjalanan dilanjutkan naik angkutan umum 01 dan tiba di Muara angke sekitar jam 09.00, kapalpun sudah berangkat.
     Kita akhirnya bertanya pada orang disana tapi info yang kami dapat dari mereka berbeda satu sama lain, sepertinya mereka saling berebut untuk mendapat customer *hehe, kita sebel banget sama abang-abang (sebut saja Matsani) yang selalu memaksa kita buat naik kapal kecil tapi akhirnya diem setelah dikasih gocengan XD, akhirnya setelah sekian lama kita menentukan untuk naik kapal kayu yang kita rasa lebih safety lah dan berangkat sekitar pukul 11.00 (sebelumnya lama nungguin sang kapten yang lagi belanja pisang XD) karena jika menggunakan kapal kecil kita takut jika tiba-tiba ombak tidak bersahabat di tengah perjalanan nanti. Penyebrangan kita tempuh sekitar 3 jam, awalnya sangat seru melihat pemandangan laut tapi lama-kelamaan ombak makin kencang dan cukup mengaduk perut. Kita sampai di pulau Pramuka sekitar jam 14.00, pemandangan sungguh berbeda dengan kali Angke, air laut sangat jernih dan ikanpun terlihat. sangat cantik !! kitapun langsung menuju Masjid untuk sholat dhuhur dan istirahat, kita belum menentukan penginapan karena budget yang minim kita berniat untuk tidak tidur, tapi tiba-tiba ada bapak Ustadz (mungkin) yang menawarkan penginapan, dan akhirnya sang Leaderpun berhasil menawar dengan harga 150.000 semalam (harusnya 450.000), padahal tuh penginapan lumayan luas dan ber AC, tapi entahlah sepertinya yang empunya penginapan tertarik pada muka tak berduit kita atau ada sesuatu sama si Leader *sorry mbak Diah XD
     Setelah menaru barang kita Lunch lalu jalan kaki keliling pulau tidak lupa narsis dimana-mana. Kita juga mengunjungi penangkaran penyu dan bakau. Ternyata pulau ini tidak memiliki pesisir yang indah semua sudah di cor dan ditanamai bakau, *sepertinya kita salah tujuan. Tapi tidak apa-apalah kita cukup menikmati kebersamaan kita. akhirnya kita mencari yuyu dan kerang sambil bermain air saja. Setelah itu kita berenang dan salah satu teman kita ada yang kena bulu babi, menurut info dari warga sekitar bisa sembuh dengan diketok pake batu sama dikasih urine. Setelah teman kita baikan kita menyaksikan sunset dan menikmati alam sebelum kemudian kembali ke penginapan. Setelah cukup basah, asin dan lelah kitapun kembali ke penginapan untuk mandi.
     Malam harinya kita hanya makan mie instan yg di bawa dari rumah untuk menghemat budget, setelah itu kita berniat melihat pantai tapi hujan, setelah agak reda kita berangkat dan air laut sedang pasang. Tapi kita menemukan keindahan pula, ikan-ikan dan penyu terlihat begitu jelas, ditangkap pake tanganpun bisa. setelah puas kita kembali ke penginapan dan istirahat, tapi anak cowok pada main poker sampai pagi kali, makanya paginya kesiangan semua. Saya sih sudah bangun pas adzan subuh, tapi karena bisikan syaiton kali tidur lagi sampe 05.30, setelah itu kita mandi sarapan dan siap balik, karena kapal berangkat jam 07.00, setelah foto-foto di dermaga kitapun pulang, perjalanan pulang lebih mengesankan karena mampir di beberapa pulau yang sangat indah dan ombaknya cukup bersahabat sehingga kita sangat menikmati pemandangan walaupun penumpang sangat penuh tidak seperti pas berangkat kapal berasa milik kita sendiri. Setelah sampai Angke pukul 11.00, kita langsung naik ankutan 01 dan menuju halte busway grogol untuk perjalanan pulang ke Lebak bulus. kita sampai Lebak bulus sekitar jam 14.00, dan para cewek mampir di poins untuk belanja *emang kaga ada capeknya. Dan tebak apa yg saya temukan? Poster Mania edisi Laruku yang saya cari *hehe, ny lucky day. Setelah beli beberapa kaset dvd kita pulang dan istirahat.
Budget :
naik angkot pp  ke halte : Rp 10.000
naik busway pp : Rp. 5.500
naik angkot ke angke pp : Rp 8.000
kapal pp : Rp. 60.000
makan siang sekali : Rp.8.000 *lainnya masak mie instan
penginapan per orang : Rp. 15.000
Total  Rp.106.500 *beda dikit ama budget
tapi gara-gara belanja di poins abis 50.000 lagi =.="
tapi lumayan murah kan liburan segini 2 hari, dapat refresh otak dengan keindahan alam yang sangat berbeda dengan kota Jakarta, walaupun masih satu wilayah ...
Fotonya ini:

apa yaaa
muka melas semua
gembel kebasahan XD
thanks friends: Diyah, Riska, Nana, Siska, Putri, Beni, Afdan, Yulius, dan Ranggy